Malaikat malaikat kecil yang serba ingin tahu

on Senin, Februari 10, 2014

Mbak Icha.... Aurat itu emang apa siih?? *tanya Aira ,balita usia 4,5 tahun
.


Sumpek...
ya Sumpek...
hal itu lah yang dirasakan Icha (bukan nama KTP) di siang yang amat cerah.
Langit bertasbih, matahari bertasbih, awan - awan bertasbih, Subhanallah.
Siang yang cerah, siang yang Indah, panas yang tidak begitu menyengat,
angin yang memang terasa sedikit kencang membawa damai bagi jiwa yang mensyukurinya.
tapi siang cerah itu, tidak secerah pikiran Icha, ia sedang sumpek, sang naga biru (motor setianya) kembali harus masuk bengkel untuk ke sekian kalinya. Huffftttt...... berkali - kali ia menarik nafas panjang.
Dengan mengendarai motor pinjaman dari orang yang berbaik hati meminjaminya, ia pulang kerumah. sesampainya di halaman rumah beberapa anak usia 2-5 tahun sudah berjejer di pintu kaca rumah yang memudahkan orang di dalam rumah melihat keluar.
seketika sumpeknya hilang.
dengan berubah ceria ia mantap berjalan membuka pintu rumah sembari meminta anak-anak tersebut menyingkir dari belakang pintu agar tidak terjepit.
"Assalamualaikuuuuuum...." dengan riang dan suara nyaring ia menyapa anak - anak yang harus dititipkan di DayCare milik kakaknya karena kesibukan sang ortu.
"Mbaak Icha... Mbak Icha.. Mbak Ichaaa.. Salim... Mbak Icha... Aku saliim.. Aku salim Mbak Icha..." teriak anak - anak menyambut kedatangan Icha yang langsung sibuk menyalami satu persatu balita - balita menggemaskan itu. yaaaa udah kayak Ibu presiden yanng sedang mengunjungi suatu daerah lalu warga setempat sudah berjejer menunggu giliran bersalaman dengan sang Ibu Presiden. hehehehee *bisa digambarkan begitulah.
'akhirnyaaa selesai' gumam icha dalam hati ketika ia selesai menyalami sekitar 12 malaikat - malaikat kecil itu.
sejurus kemudian ia sudah masuk ke kamarnya. ternyata ia salah, 6 balita ternyata mengikuti ia masuk ke kamarnya, 'oooh my..............' Icha tau apa yang akan terjadi dikamarnya dengan balita - ballita itu.
"Mbak icha ini apa?" Tanya Cia, anak yang paling sering menerobos masuk kamar Icha. "itu bedak cia" . "Aku mau pakai mbak icha .. aku mau pakai... " pinta Cia
"jangan sayang, itu bedak orang tua (duh jadi ngaku orang tua -_-"), kan Cia udah pake bedak itu" Jawab Icha hati-hati.
"Iya ci, gak boleh itu punyanya mbak icha" kata Reihana yang usianya lebih tua dari Cia".
Riuhlah kamar itu dengan pertanyaan balita - balita yang serba ingin tahu, menanyai satu persatu benda yang ada di kamar Icha, belum lagi membuka dan memeriksa isi tasnya yang baru saja ia letakan di atas meja.
"mbak Icha mintaa kueee..."
"wah mbak icha belum beli kue lagi, yang kemarin habis".
"yaaaaaaaaaah" serentak anak - anak itu menjawab.
"iyaaaa, ayok kita kedepan, jangan main di kamar terus" pinta Icha pada mereka.
Satu persatu icha menggendong anak - anak itu menuruni kasur tidurnya, hingga yang terakhir, ia langsung membawanya ke tempat duduk di ruang tamu.
Tiba - tiba satu anak sudah menyodorkan buku cerita kepadanya meminta ia membacakannya. Dengan senang hati Icha membacakan cerita pada anak - anak yang sudah duduk berjejer di samping dan di depannya. Cerita pertama mengenai pengalaman seorang anak mencuci rambutnya dengan shampo, sesekali icha memberi pertanyaan kepada anak - anak yang antusias mendengarkan ceritanya. "Ayooo Siapa bisa mandi sendiri terus pake sampo sendiri...??". " Aku... Aku... Aku bisa mandi sendiri... aku.. akuuu" teriakan anak - anak berebut menjawb pertanyaan Icha. "Bohong, tadi mandi kan pada di mandiin bu Novi sama bu Ayu" celetuk Reihana yang usianya paling tua diantara yang lain.
hahahahahaha sontak Icha, dan mengasuh di DayCare yang lain tertawa melihat polah anak-anak manis itu. satu buku selesai anak - anak yang lain sudah mengambil buku cerita dan meminta Icha membacakan buku mereka satu persatu. Hufffft... dengan menghela nafas icha menerima dan menumpuk 5 buku yang disodorkan anak-anak di pangkuannya.
"oke sekarang duduk lagi semuanyaa, kita baca cerita lagi."
ketika hendak membacakan satu buku selanjutnya, Fira balita berumur 2,5 tahun ikut duduk bergabung dengan teman-temannya dengan membawa satu buku cerita yang lebih tebal. 'waduh' gumam Icha dalam hati.
"Waaaaaaah Fira Bajunya baru ya, eh auratnya kelihatan itu..." celetuk Icha yang melihat Fira menggunakan baju dengan lubang di kedua pundaknya.
spontan semua anak menoleh kepada Fira. 
"Mbak Ichaa..... Aurat itu emang apa sih?" Tanya Aira balita usia 4,5 tahun."
Icha kaget tak menduga akan mendapatkan pertanyaan itu dari malaikat kecil yang ditinggal orang tuanya bekerja.
" Aurat itu kaos dalem" jawab Reihana sok tahu
"Haaa Haaa Haaa Haaa" Sontak semua pengasuh termasuk Icha tertawa mendengar jawaban Reihana. 
ya Wajar jika Reihana menjawab kayak gitu, maklum lubang di kedua pundak pakaian Fira memperlihatkan kaos dalam yang dipakainya. 
Dengan hati - hati Icha menjelaskan apa itu aurat kepada anak-anak yang sudah penasaran. 
"Aurat itu bagian badan yang harus ditutupi baju"...
"oooooooooh....." jawab anak - anak yang entah faham atau tidak hahaha
"oooh, aku gak kelihatan ya mbak icha auratnya" tanya Aira.
"hehehe Iya..."
Sambil meneruskan membaca cerita untuk anak - anak, ia berfikir, bagaimana harus hati - hatinya ia menjelaskan hal baru yang ditanyakan oleh anak - anak. terutama masalah perintah - perintah Allah.

#cerita boleh dianggap kejadian nyata atau fiktif, yang penting, nilai - nilai yang bisa di ambil. hehehe :)

0 komentar:

Posting Komentar

adakalanya para penyeru kebenaran harus menjadi kepompong, berkarya dalam diam, bertahan dalam kesempitan. tetapi, bila tiba saatnya menjadi kupu - kupu, tak ada pilihan kecuali terbang, melantunkan kebaikan diantara bunga, menebar keindahan pada dunia. ~Salim A Fillah

Popular posts